Monday 26 June 2017

Teluk Kiluan Lampung, Indonesia



Teluk yang menyimpan banyak keindahan dasar laut dan view yang menakjubkan dapat membuat mata lelah menjadi fresh dan terasa amat menenangkan.


Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri , Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan potensi wisata bahari, dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Karena setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia. Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung dan dapat dicapai selama 3 jam menggunakan mobil.


Keistimewaan Teluk Kiluan :

1. Lumba-lumba

Keistimewaan yang memanjakan mata, terhampar ratusan lumba-lumba yang berenang di lautan lepas seketika saat banyak pariwisatawan yang menyebrangi mereka dan menyembut dengan gaya renang bebas milik mereka. Menyenangkan dan tentunya menyambut kedatangan tamu yang ingin melihat atraksi mereka berenang kesana-kemari. Teluk Kiluan sebagai jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dengan badan lebih besar, berwarna abu-abu. Yang kedua adalah lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil. Jumlah kedua lumba-lumba itu sangat banyak karena yang melewati Teluk Kiluan ini diperkirakan mencapai ratusan bahkan ribuan lumba-lumba. Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia. Lumba-lumba senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Lumba-lumba sebaiknya dilihat pada pagi hari pukul 06.00.




2. Laguna Gayau

Laguna Gayau atau Kolam Renang alami yang terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan. Untuk sampai di spot Laguna Gayau dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit karena letaknya berada tepat di belakang bukit Teluk Kiluan. Terdapat juga guide lokal yang memandu para wisatawan dan pengunjung yang beru pertama kali ke Teluk Kiluan dengan biaya Rp 50.000 untuk satu kali perjalanan bolak balik. Untuk masuk ke area laguna diwajibkan membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang. Untuk mencapai laguna, wisatawan dan pengunjung pasti melewati pantai yang sangat indah karena dipenuhi dengan sebaran bebatuan besar namun tetap harus tetap waspada dengan ombaknya yang juga cukup besar. Setelah melewati pantai barulah bisa melihat keindahan Laguna Gayau yang terbentuk oleh cekungan di tepi pantai dan dibatasi oleh dinding-dinding batu karang. Air di dalam laguna tersebut sangat jernih dan bersih dengan warna biru kehijauan. Kedalaman laguna berkisar 1 s.d 3 meter sehingga aman untuk berenang ataupun sekedar berendam didalamnya.




Kesimpulan :

Banyak wisata alam yang menakjubkan di pulau Lampung ini yang salah satu nya ialah Teluk Kiluan yang menyimpan banyak emas permata, kamu juga bisa snorkling dan melihat dasar lautan, ada banyak ikan hias dilindungi dengan banyak nya terumbu karang yang menakjubkan disana. Kunjungi yuk sebelum kalian didahului yang lain yang sudah menikmati keindahannya.
Load Komentar

0 comments