Sunday 10 December 2017

Mandi Saat Tubuh Sedang Berkeringat - Berbahaya




Ada yang pernah mandi saat berkeringat?
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mandi saat tubuh masih berkeringat dapat memicu munculnya bercak-bercak putih pada kulit.
Simak selengkapnya!


1. Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun bisa memberikan sensasi bersih dan segar, mandi saat tubuh masih mengeluarkan keringat ternyata bisa membuat tubuh kaget. Sebagai informasi, saat tubuh masih berpeluh keringat, pori-pori kulit sedang dalam kondisi terbuka. Jika hal ini langsung dibasuh dengan air, maka kulit pun akan mengalami kekeringan dan bahkan bisa memicu masalah bercak-bercak putih pada kulit.

2. Pakar kesehatan kulit dan kelamin dr. Melyawati Hermawan, SP.KK menyebut munculnya bercak-bercak putih pada kulit karena kerap mandi saat tubuh masih berkeringat ini dipicu oleh jamur bernama pityriasis versicolor. Masalah ini kerap muncul pada mereka yang masih remaja atau di usia dewasa namun masih muda. Sebagai informasi, jamur ini bisa tumbuh pada minyak alami yang ada pada permukaan kulit, khususnya kulit manusia yang tinggal di area dengan iklim panas atau lembab di Indonesia.

3. Untuk masalah apakah kita sebaiknya langsung mandi atau tidak saat tubuh masih berkeingat, dr. Melyawati menyarankan kita untuk memperhatikan kenyaman tubuh hingga jenis kulit kita. sebagian orang merasakan sensasi tidak nyaman setelah mandi saat tubuh masih berkeringat. Namun, ada juga yang tidak tahan dengan rasa gerah ini sehingga memilih untuk segera mandi. Hanya saja, jika anda tidak memiliki kulit yang cenderung berminyak, ada baiknya untuk menunggu hingga keringat mengering terlebih dahulu karena jika langsung mandi, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kulit kering.


Kulit yang sensitif bisa menjadi masalah besar. Sebaiknya, diamkan selama 10-15 menit sampai keringat mengering. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat kulitmu kering dari keringat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga bermanfaat.

Load Komentar

0 comments